Pengertian Akses Token Facebook [New Thread]

Apa itu Access Token?
Pada sistem operasi komputer dan software framework lainnya, access token merupakan semua struktur data (data structure) yang berisi informasi keamanan yang dibutuhkan oleh sebuah proses (process) untuk mengakses objek (secured object) atau proses lainnya yang membutuhkan otorisasi. Secure object biasanya merupakan data pada file system dengan hak akses (privillege) baca dan tulis yang telah ditentukan, dan process merupakan semua program atau layanan lainnya yang membutuhkan otorisasi untuk mengakses fungsi-fungsi nya. Sementara access token secara sederhana merupakan wadah (container) yang dapat menampung informasi apa saja, access token biasanya digunakan untuk menyimpan user privilege.

Konsep access token pertama kali ditemukan dan digunakan oleh sistem operasi dan program-program Microsoft, namun kegunaan mereka telah membawanya ke tempat yang lain.

Application Programming Interface (API) untuk Google menggambarkan suatu metode untuk menggunakan access token sementara aplikasi pemrograman (application programming) yang perlu mengakses data berhubungan dengan akun pengguna Google. Beberapa platform jejaring sosial macam Facebook juga menggunakan access token pada API mereka.

Pada dasarnya, ketika seorang pengguna log in pada sebuah sistem operasi atau software system framework, system memverifikasi user dan password pada database keamanan (security database), dan access token dibuat untuk mengidentifikasi user pada semua objek atau proses pada system.

Access token terdiri dari security identifier (SID), biasanya kode-kode numerik, untuk pengguna (user), dan user group di mana user berada, dan current log-on session. Token juga terdiri dari semua hak akses (privillege) yang diperbolehkan untuk user dan user group.

Access token merupakan suatu private access permission dari anda berupa kode yang bersifat rahasia dan Anda tidak bisa membagikannya atau memberitahukannya kepada siapa pun.

Demikian sekedar pengertian mengenai access token.

Apa fungsi Acces Token Anda di Facebook?
Dengan access token, Anda meng-update status, upload foto, berbagi ulang foto Anda di Facebook juga dari link external, upload video maupun share lagu MP3, dan fungsi lainnya.

Cara Dapatkan Acces Token Anda:
  - Kunjungi situs ini : klik


  - Pilih Get Access_Token
  - Klik Insert Manual > pilih Windows Phone (Wajib, agar Permanen)
  - Klik "Izinkan" dan selanjutnya Anda akan menuju ke halaman berikutnya yang akan meminta Anda
     memberikan ijin opsional aplikasi.
  - Klik button link: "Izinkan Semua. Jika prosesnya sudah selesai, maka Anda akan dibawa ke halaman
    beranda Facebook Anda dan lihat linknya. Jika Anda menggunakan Opera Mini, cukup tekan: #1 (pager
    satu). Linknya akan berbentuk seperti ini (contoh):


(Klik Untuk Memperbesar)
Anda lihat teks yang saya tandai dengan warna hijau di atas, itulah contoh kode access token Anda. Silahkan di Copy sesuai dengan teks yang berwarna merah tersebut lalu simpan baik-baik.

Demikian beberapa list aplikasi yang dapat saya bagikan. Selanjutnya Anda dapat menuju link 'Cara memperbanyak Like/Jempol di status Facebook'

Post a Comment

Masukkan Komentar Anda disini !