Cara Mengetahui Posisi Blog Di Search Engine Google

Saya rasa hal ini tidak asing lagi bagi para para master seo atau juragan kontes, tools untuk mengetahui posisi SERP website/blog mereka di search engine Google atau Yahoo ini bukanlah barang baru lagi. Karena bisa saya pastikan mereka selalu menggunakan tools bernama SEOSerp ini untuk mengetahui rangking website/blog mereka di search engine untuk target keyword tertentu (keyword pada kontes SEO). So, buat para master seo dan juragan kontes seo silahkan lewat saja he he karena artikel ini saya tujukan buat sobat blogger yang mungkin belum tahu atau belum mengenal yang namanya SEOSerp ini. Yups sobat blogger, tools SEOSerp ini adalah tools untuk mengetahui posisi atau rangking blog kita (lebih spesifik lagi untuk artikel atau postingan) pada halaman hasil pencarian Google atau istilah “gaulnya” adalah SERP (Search Engine Result Page). Blogger manapun sudah pasti menginginkan artikel atau postingannya bisa masuk di halaman 1 (pertama) Google yang menampilkan 10 rangking tertinggi (urutan 1 – 10) dengan kata kunci atau target keyword tertentu. Pada ajang kontes seo, kata kunci atau target keywordnya sudah ditentukan oleh panitia kontes. Sedangkan untuk artikel atau postingan umum, kata kuncinya tergantung pada si pembuat artikel mau “nembak” keyword apa. Dengan menggunakan SEOSerp ini sobat blogger tidak perlu lagi membuka satu demi satu halaman pencarian Google untuk mengetahui posisi SERP artikel sobat, karena SEOSerp ini memperlihat hasil pencarian urutan 1 - 1000 di Google..wow that is cool man..!

OK sobat, saya akan coba memberikan ilustrasi supaya lebih memudahkan sobat blogger bagaimana cara menggunakan tools SEOSerp ini. Misalnya saya ingin mengetahui posisi artikel saya Budidaya tanaman seledri. Kata kunci atau keyword yang saya tuju pada saat membuat artikel ini pada bulan April 2011 lalu adalah “Budidaya tanaman seledr”. Waktu itu saya penasaran melihat hasil pencarian di google.com untuk kata kunci “Budidaya Tanaman Seledri”. Akhirnya muncul niat untuk membuat artikel tersebut untuk mencoba menjajal kemampuan blog ini apakah mampu bersaing di google.com internasional tersebut.
Cara mengecek posisi artikel di SEOSerp adalah sebagai berikut :
1.Langsung saja menuju ke situs SEOSerp ini.

.
2.Pada target Google ada pilihan Google dari 60 negara, kita pilih yang pertama yaitu Google International (www.google.com).

3.Pada keywords diisikan kata kunci artikel Budidaya Tanaman Seledri.

4.Kemudian your domain saya isikan http://agriculturproduct.blogspot.com/

5.Klik tombol Go for SERP.

6.Hasilnya adalah artikel tersebut menduduki posisi ke-2 pada hasil pencarian google.com seperti gambar dibawah ini


7.Selanjutnya saya coba lagi untuk mengetahui posisi artikel tersebut di Google Indonesia dengan mengklik google.co.id pada pilihan Select a Google.

8.Hasilnya artikel tersebut berada di urutan 1 (pertama) Google Indonesia bravo seperti terlihat pada screenshot dibawah ini.




9.Langkah terakhir adalah mengecek langsung kebenaran hasil dari SEOSerp pada browser dengan langsung meluncur ke google.com dan google.co.id. Untuk bagian yang ini saya persilahkan sobat blogger untuk membuktikannya he he…

Nah dari ilustrasi yang sudah saya berikan tadi, saya harap sobat blogger sudah bisa paham bagaimana cara untuk mengetahui posisi SERP blog di search engine atau Google. Belajar dan terus belajar serta jangan pernah puas dengan hasil yang sudah didapat saat ini akan menjadi kunci sukses buat kita bersama. Happy nice blogging.

Sumber

Post a Comment

Masukkan Komentar Anda disini !