UBUR-UBUR RAKSASA
           Waktu bayi manusia lahir, biasanya berat badannya sekitar 3 sampai 4 kg. Saat berumur 6 Bulan, berat badan bayi bisa bertambah sampai  2 kali lipat. Tapi lain halnya dengan bayi UBUR-UBUR RAKSASA ini. Di Jepang, ada Ubur-Ubur Raksasa yang diberi nama Ubur-Ubur NOMURA. Ubur-Ubur ini terdapat di pantai China,korea utara,korea selatan,dan kadang-kadangjuga hanyut sampai ke laut Jepang. Bayi Ubur-Ubur Nomura besarnya hanya sebesar sebiji beras. Tapi Pertumbuhannya cepat sekali dalam waktu 6 bulan, ukuran tubuh nya sudah sebesar mesin cuci.Berat tubuhnya mencapai 204 Kg,alias seberat seekor singa jantan.
             Ubur-Ubur Nomura hidup dengan memakan Plankton. Saat ini, populasi Ubur-Ubur Nomura terus meningkat. Hal ini menimbulkan kerugian bagi nelayan di sana. saat menjala ikan, seringkali ada Ubur-Ubur Raksasa yang tersangkut di dalam nya, mengakibatkan jala menjadi robek.Apalagi, saat terjerat  jala, Ubur-Ubur ini mengeluarkan Racunnya sehingga membunuh ikan-ikan yang di tangkap oleh Nelayan.
             Meningkatnya Jumlah Ubur-Ubur Nomura masih di selidiki penyebabnya. Diduga hal ini karena pemanasan Global ( Suhu air laut menjadi lebih hangat ). Ubur-Ubur memang paling cocok tinggal di air yang hangat. atau bisa juga karena jumlah ikan di laut semakin menurun ( terlalu banyak di tangkap oleh manusia ). sehingga Ubur-Ubur tidak punya pesaing untuk memakan Plankton... :)


1 Komentar:

This comment has been removed by the author.

Post a Comment

Masukkan Komentar Anda disini !